Monday, January 25, 2016

Makanan Khas Indonesia – Kue Tradisional


Di setiap negara pasti mempunyai makanan andalan masing-masing. Tetapi biasanya bukan cuma makanan berat yang terkenal. Makanan ringan atau kue pun pasti di setiap negara mempunyai sesuatu yang khas. Begitu juga di Indonesia, mempunyai makanan khas Indonesia – Kue tradisional. Berikut beberapa diantaranya. Sapa tau ada yang sesuai dengan favorit kawan-kawan sekalian.

1.      Klepon

makanan khas indonesia - kue tradisional klepon
Klepon

Klepon terbuat dari tepung ketan yang dibentuk bulat seperti bola kecil. Berisi gula kelapa dan direbus dalam air mendidih. Kemudian dicampurkan dengan parutan kelapa. Biasanya berawarna hijau yang didapat dari campuran daun suji atau pandan.


2.      Cucur
makanan khas indonesia - kue tradisional cucur
Cucur

Kue cucur mempunyai bentuk yang sederhana yaitu bulat pipih dengan pinggiran yang khas. Terbuat dari gula jawa. Rasanya manis tapi dengan rasa yang khas.

3.      Serabi
makanan khas indonesia - kue tradisional serabi
Serabi

Serabi biasanya dibuat dari bahan campuran tepung beras dan santan. Yang di panggang di atas wajan besi berbentuk cekung. Biasanya bagian atas di taburi meses atau potongan buah. Bisa juga dengan selera masing-masing. Sangat nikmat jika disantap dalam keadaan masih hangat.


4.      Wajik
makanan khas indonesia - kue tradisional wajik
Wajik

Kue wajik biasanya disajikan untuk makanan ringan di sore atau malam hari. Kue ini terbuat dari beras ketan yang dicampur dengan gula jawa. Sehingga menghasilkan warna cokelat yang menggugah selera.


5.      Onde-onde
makanan khas indonesia - kue tradisional onde-onde
Onde-onde

Onde-onde berasal dari tepung ketan yang dimasak kemudian permukaannya ditaburi dengan wijen. Pada umumnya onde-onde berisikan kacang hijau. Tetapi sekarang ini banyak variasi isi dari onde-onde.


6.      Lemper
makanan khas indonesia - kue tradisional lemper
Lemper

Lemper terbuat dari beras ketan yang dibungkus dengan daun pisang. Cara memasaknya dengan cara dikukus. Sedangkan untuk isian biasanya berupa abon daging sapi, tapi bisa juga dengan suwiran daging ayam.


7.      Kue Lapis
makanan khas indonesia - kue tradisional kue lapis
Kue Lapis

Kue lapis ini memiliki ciri khas dengan warna yang berlapis-lapis. Biasanya terdiri dari dua warna utama, dan kadang ditambah satu warna tambahan untuk bagian atasnya. Warna yang biasa dipakai adalah warna hijau dan putih. Kadang dibagian atas berwarna merah. Kue lapis ini dibuat dari tepung beras, tepung kanji, santan, gula pasir, garam dan pewarna.


8.      Nagasari
makanan khas indonesia - kue tradisional nagasari
Nagasari

Kue nagasari ini biasanya dibungkus dengan daun pisang dan dimasak dengan daun pandan untuk mendapatkan aroma yang wangi dan khas. Biasanya terbuat dari tepung beras, tepung sagu, santan dan gula. Untuk isian biasanya menggunakan potongan pisang.


9.      Getuk Lindri
makanan khas indonesia - kue tradisional getuk lindri
Getuk Lindri

Kue ini terbuat dari bahan dasar singkong. Yang biasanya diberi warna beraneka macam. Kue ini disajikan bersama campuran parutan kelapa. Banyak terdapat di pasar-pasar tradisional.


10.  Pancong
makanan khas indonesia - kue tradisional pancong
Pancong

Kue pancong merupakan kue tradisional dari Betawi. Terbuat dari tepung beras dan dicampur santan. Cara memasaknya dengan dipanggang pada cetakan khusus. Cara penyajiannya dengan ditaburi gulu pasir.


11.  Bika Ambon
makanan khas indonesia - kue tradisional bika ambon
Bika Ambon

Kue basah ini adalah kue khas dari daerah Medan, rasanya manis dan empuk. Bika Ambon adalah sejenis penganan yang terbuat dari bahan-bahan seperti telur, gula dan santan. Bika ambon biasanya dibuat dengan rasa pandan. Meskipun sekarang juga banyak tersedia rasa-rasa lainnya seperti durian, keju dan cokelat.


12.  Combro 
makanan khas indonesia - kue tradisional combro
Combro


Combro adalah kue yang awal mulanya berasal dari daerah Jawa Barat. Terbuat dari bahan dasar parutan singkong yang dibentuk bulat memanjang. Biasa combro berisi tumisan oncom. Oleh karena itu dinamakan combro yang berasal dari kepanjangan “oncom di jero”. 

Itulah beberapa makanan khas Indonesia – kue tradisional yang masih banyak di pasaran. Sebenernya masih sangat banyak lagi yang belum disebutkan. Tapi karena keterbatasan mungkin lain kali akan saya tulis lagi untuk kue-kue yang lain. Cintailah Makanan Indonesia.

No comments:

Post a Comment