Tuesday, February 2, 2016

Makanan Khas Indonesia - Cara Berjualan Makanan di Indonesia




Makanan Khas Indonesia – Cara Berjualan Makanan Di Indonesia. Di setiap negara pasti punya makanan khas sendiri-sendiri. Begitu juga di Indonesia. Tidak dipungkiri kita bekerja membanting tulang mencari uang yang nantinya akan kita gunakan untuk makan. Baik membeli makanan yang sudah jadi, makanan yang siap saji ataupun bahan makanan yang nantinya dimasak terlebih dahulu baru dihidangkan setelah matang. Tapi jangan sampai salah fokus ya, kita kerja bukan hanya untuk cari makan, tapi kita makan untuk dapat menunjang kita bekerja.

Dikarenakan kesibukan dalam bekerja, banyak sebagian masyarakat yang tidak sempat atau tidak dapat membeli bahan makanan untuk dimasak. Pada akhirnya mereka lebih memilih untuk membeli makanan yang sudah jadi yang dijual oleh pedagang makanan. Namun ada juga masyarakat yang membeli makanan yang sudah jadi karena untuk sekedar mencari variasi hidup, ataupun untuk memanjakan diri setelah lelah bekerja. Nah berikut ini saya coba merangkum cara pedagang dalam berjualan makanan. Cekibrot...


1.      Asongan
Makanan Khas Indonesia – Cara Berjualan Makanan Di Indonesia asongan
Asongan

Kita mulai dari cara berdagang yang paling sederhana, yaitu asongan. Kenapa paling sederhana, karena hanya memerlukan sedikit alat/fasilitas. Biasanya barang dagangan dibawa dengan menggunakan kotak makanan khusus atau dengan plastik kresek besar. Kemudian dijajakan ke pinggir jalan atau perempatan lampu merah ketika lampu sedang menyala merah.


2.      Sepeda atau Sepeda Motor
Makanan Khas Indonesia – Cara Berjualan Makanan Di Indonesia sepeda atau sepeda motor
Sepeda

Pada dasarnya sama dengan asongan atau gerobak. Hanya saja cara ini menggunakan sepeda atau sepeda motor dalam menjajakan makanan yang ditawarkan ke calon pembeli.


3.      Gerobak
Makanan Khas Indonesia – Cara Berjualan Makanan Di Indonesia gerobak
Gerobak

Biasa disebut juga kaki lima. Walaupun sebenernya kaki pedagangnya tetep ada dua sih. Hehehe... Para pedagang biasanya membawa makanan di dalam gerobak. Kemudian dijajakan dengan berkeliling kampung atau komplek perumahan. Tapi kadang juga ada pedagan yang parkir dipinggir jalan atau mangkal di persimpangan jalan.


4.      Angkringan
Makanan Khas Indonesia – Cara Berjualan Makanan Di Indonesia angkringan
Angkringan

Angkringan sebenernya masih satu saudara dengan cara berjualan dengan menggunakan gerobak. Tapi saya pisahkan karena angkringan memiliki makanan dan ciri khas dalam penyajiannya. Menu makanannya biasanya nasi kucing, sate telur puyuh, goregang, satu usus dan minuman jahe.


5.      Lesehan
Makanan Khas Indonesia – Cara Berjualan Makanan Di Indonesia lesehan
Lesehan

Cara yang satu ini biasanya dilakukan dengan menyediakan tempat duduk di lantai tanpa menggunakan kursi atau bangku, hanya menggunakan alas untuk duduk. Seperti tikar atau karpet. Biasanya disediakan di warung makan, tetapi kadang juga di pinggir jalanpun ada yang menyediakan lesehan.


6.      Warteg
Makanan Khas Indonesia – Cara Berjualan Makanan Di Indonesia warteg
Warteg

Warteg merupakan singkatan dari warung tegal. Konon katanya awal mulanya yang merintis usaha ini adalah orang-orang dari daerah Tegal – Jawa Tengah. Kemudian menyebar kemana-mana. Cara penyajiannya yaitu makanan diletakkan di tempat berbentuk seperti etalase khusus, kemudian penjualnya berada di tengah-tengah. Dan para pembeli duduk mengelilingi etalase tersebut. Warung tegal ini terkenal karena menu dan harganya sesuai dengan kebanyakan kantong masyarakat.


7.      Warung Makan
Makanan Khas Indonesia – Cara Berjualan Makanan Di Indonesia warung makan
Warung Makan

Cara berjualan yang satu ini yaitu pedagang menyediakan tempat khusus berupa bangunan, yang kemudian pembeli akan datang dan memesan makanan. Disediakan tempat duduk, terkadang juga ada lesehannya. Ada warung makan yang memiliki menu khusus tetapi ada juga yang menjual banyak menu makanan.


8.      Restoran
Makanan Khas Indonesia – Cara Berjualan Makanan Di Indonesia restoran
Restoran

Restoran sebenarnya sama dengan warung makan hanya saja kesannya lebih mewah. Karena harga dan makanannya memang lebih mahal dari warung makan. Karena pangsa pasarnya memang kalangan menengah ke atas. Terkadang restoran bergabung di dalam hotel.  


9.      Jualan Online
Makanan Khas Indonesia – Cara Berjualan Makanan Di Indonesia jualan online
Jualan Online

Ini adalah bentuk terbaru dari cara berjualan makanan. Hal ini dipengaruhi karena perkembangan teknologi dan gaya hidup masyarakat yaitu internet. Cara berjualan ini memiliki kelebihan, yaitu pangsa pasar yang luas, karena bisa menjangkau seluruh dunia asal ada jaringan internet. Namun kekurangannya adalah tidak semua jenis makanan dapat dijual melalui cara ini dikarenakan biasanya membutuhkan waktu cukup lama dalam pengiriman makanannya.

No comments:

Post a Comment